Pengalaman SMK Tata boga: SMK atau SMA?

Lebih baik masuk SMA atau SMK?

Lebih bagus SMA atau SMK?

well, disini aku bakal bantu kegundahan, keresahan kalian yang baru lulus smp untuk pilih melanjutkan kemana. Aku disini lulusan SMKN 2 Baleendah jurusan tata boga. kenapa pilih smk? pertama, karena hasil un nya anjlok. kedua, pengen langsung kerja. Terus kenapa ga ke SMA? dulu pas angkatan aku, masuk SMA itu dilihat dari Nilai UN, inginnya masuk sekolah bergengsi tapi nilai ga cukup. Hiks.

Banyak siswa yang nilainya jelek lari ke SMK, jadinya SMK kaya sekolah buangan, padahal salah, siswa-siswa pinter juga banyak kok yang sengaja masuk SMK. SMK itu kaya gimana sih? dari yang aku rasain, kita memang belajar untuk kerja. Aku yang dulu ngeremehin SMK, apalagi jurusan Tata Boga karena ya kerjanya masak, diem dirumah juga bisa kali. Malah jodohnya jurusan ini. Kalian klo terlalu benci sesuatu belum tentu itu gabaik buat kamu loh. Banyak orang yang sama kaya aku, ngeremehin jurusan ini, sebenernya belajarnya berat juga. Buat aku pribadi yang ga jago masak, ini jurusan awal awal bikin pusing. Tiap masakan harus dipercantik, perencanaan, rasa, teknik dll. Untung sih guru-guru nya the best!

Pembelajaran sebenernya itu pas masa Praktik Kerja Lapangan. Kita yang belajar setiap hari di dapur kecil, pindah belajar di dapur besar hotel, resto, rumah sakit. Belajar gimana magang, masak lebih banyak, sikap, tanggung jawab. Pengalaman kaya gitu gaakan dirasain anak SMA sih. Hal yang aku suka dari smk, terutama dikelas aku dulu, siswanya ga sebanyak SMA. Sekelas paling 25 orang, rasanya lebih kekeluargaan. Ga ada yang namanya geng-geng. Kubu-kubu. Kita klo waktunya ngumpul, ya kumpul. Temenan satu sama lain deket, dan sama guru juga deket, guru itu kenal semua siswanya dikelas, masalah kita pun soal nilai guru pasti bakalan inget. Kita bolos, berantem, musuhan, guru pasti tau.

SMK beneran langsung kerja?

Bener, bener, bener.
(harusnya betul, betul, betul yah macam upin ipin lah) hahaha

Dari jurusan tata boga, lebih terbuka luas karena banyak yang butuh. Modal kita dari PKL juga udah lebih unggul dari SMA. Pas lulus juga sekolah biasanya kasih info lowongan kerja kok. Jangan jauh dari guru pokoknya karena kita juga bakal jauh dari info kerja. Bakalan ketinggalan. Banyak dari temen temen yang belum terima pengumuman lulus, udah duluan dapet kerja. Aku sendiri, 2 bulan dari kelulusan udah bisa kerja di dapur rumah sakit. Ada juga kok yang sampe sekarang masih nganggur, itu sih balik lagi ke orangnya.

Jadi ga perlu kuliah kan bisa langsung kerja.....
Bisa, tapi ilmu kita itu belum sepadan klo kalian pengen kerja lebih bagus, lebih tinggi. Dilapangan itu sarjana lebih di akui, lebih didengar suaranya. Modal kerja kita hanya lebih unggul dari lulusan SMA. Nyatanya kita tetep kalah dengan lulusan Sarjana atau D3. Jadi tetep, anak lulusan smk wajib buat sekolah lagi, supaya kita bisa tetep eksis dan ngga kalah saing.

Bagusan SMA atau SMK?

Kedua nya itu bagus, gimana kebutuhan kamu. Kamu yang pengen langsung kerja bisa masuk SMK, yang nantinya mau kuliah bisa masuk SMA. Setelah kamu pilih mau masuk mana, Saran aku, pilih SMA atau SMK unggulan, favorit, akreditasnya A. Jangan masuk sekolah karena ikut ikutan temen. Nantinya belum tentu kamu sekelas lagi dengan dia, belum tentu dia masih temenan sama kamu. Pilih sekolah yang rata rata lulusannya kuliah di Perguruan tinggi negeri. Pilih sekolah yang kualitas gurunya bagus. Lebih baik tanya ke alumni atau kaka kelas sekolah incaranmu, soal pengalaman dia sekolah disana. Karena klo kalian sekolah SMA/SMK yang tepat. Ini bisa bantu kalian buat masuk PTN impian nantinya.

Sekolah unggul itu pasti mendidik lulusan yang unggul.

Semangat pelajar indonesia!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Tim Telur Saus Salihara